Lippo Berikan Donasi untuk Yayasan Kanker Indonesia

KARAWACI – Pendiri dan Pimpinan Lippo Group Dr Mochtar Riady memberikan donasi sebesar Rp 552 juta lebih kepada Yayasan Kanker Indonesia (YKI) untuk mendukung pelayanan kepada pasien kanker di lembaga ini. Donasi ini diterima langsung oleh Ketua YKI Prof Aru Wisaksono Sudoyo di Mochtar Riady Institute Nanotechnology (MRIN) Lippo Karawaci, Tangerang, Selasa (27/2).

Seperti dilansir Suara Pembaruan yang dikutip Beritasatu.com, Mochtar Riady mengatakan, donasi ini merupakan komitmen Lippo Group terhadap pengembangan sumber daya manusia Indonesia dalam segala aspek. Dia menuturkan, dalam sejarah manusia, unsur kesehatan memegang peranan penting. Setiap manusia berhak hidup sehat agar bisa berperan dalam membangun kehidupan yang lebih baik, dan Lippo Group ingin berperan dalam dunia kesehatan.

“Kami ingin berperan dan ikut serta dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Mudah-mudahan Tuhan memberkati kita, sehingga kita bisa terus ikut serta dalam mendukung mereka membutuhkan layanan kesehatan, termasuk fasilitas kesehatan di YKI,” kata Mochtar.

Mochtar meyakini sumber daya manusia Indonesia yang sehat dan andal akan memberikan kontribusi secara signifikan terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat dan kemajuan bangsa secara umum. Mochtar mengatakan saat masih anak-anak, dia ditinggal orang-orang yang dikasihinya karena menderita berbagai penyakit. Sang ayah meninggal akibat kanker lambung, dan ibundanya wafat setelah melahirkan adiknya di Batu, Malang.

“Saya selalu mengatakan kalau diberi kesempatan, saya ingin berpartisipasi dalam pelayanan kesehatan. Ini juga sudah menjadi kewajiban saya sebagai warga negara,” katanya. Kepada pasien kanker, Mochtar berpesan agar tetap semangat dan tabah.

Prof Aru Wisaksono menyampaikan ucapan terima kasih atas donasi yang diberikan oleh Lippo Group. Donasi ini akan digunakan untuk penyediaan fasilitas lift di Gedung Sasana Marsudi Husada yang sedang direnovasi untuk kali pertama sejak diresmikan 1982 silam.

Sasana Marsudi Husada merupakan fasilitas pemondokan bagi pasien kanker yang berasal dari luar Jakarta yang tengah menjalani pengobatan rawat jalan di RSCM. Fasilitas ini diperuntukkan bagi pasien tidak mampu dengan cukup membayar Rp 30.000 per hari. Biaya ini termasuk untuk tiga kali makan, dua kali snack, dan transport dari pemondokan ke RSCM dan sebaliknya.

“40% dari pasien kanker berasal dari luar Jakarta. Beberapa pasien harus menjalani radioterapi selama satu bulan di Jakarta, dan mereka tidak punya rumah singgah. Keberadaan Sasana Marsudi Husada ini memang sangat meringankan beban mereka,” kata Aru.

Rumah singgah Sasana Marsudi Husada ini terdiri atas beberapa kamar untuk satu pasien ditambah satu pendamping. Selain itu ada ruang paliatif untuk pasien terminal yang sulit untuk diobati. (sp/b1)

 

source: http://id.beritasatu.com/home/lippo-berikan-donasi-untuk-yayasan-kanker-indonesia/172612

2018-12-10T10:30:48+00:00