Provinsi DKI Jakarta

Program Pelatihan Pelayanan Paliatif Tahap I bagi Tenaga Medis

Logo YKIDKI text bawah_211

Setelah dilakukan penandatanganan LoA (Letter of Agreement) pada 20 Januari 2015 lalu, tentang kerjasama pelatihan tenaga medis dala memberikan pelayanan paliatif bagi warga DKI Jakarta, YKI DKI Jakarta secara pasti dan berkelanjutan melaksanakan kegiatan pelatihan pelayanan paliatif bagi tenaga medis di RSUD dan RSU Rujukan Kanker di wilayah DKI Jakarta.

Kegiatan Pelatihan Pelayanan Paliatif bagi Tenaga Medis Tahap 1 yang dilaksanakan selama tiga (3) hari, yaitu 2,3,4 Februari 2015 dibuka secara resmi oleh Ketua Umum  YKI DKI Jakarta yaitu Istri Gubernur DKI Jakarta, Veronica Basuki Tjahaja Purnama di Graha YKI Jakarta yang berlokasi di Jalan Sunter Permai Raya No. 2 .

Kegiatan pelatihan hari pertama diawali dengan perkenalan antar peserta pelatihan dan dilanjutkan dengan berbagi informasi akan temuan kasus yang selama ini terjadi di Rumah Sakit masing-masing tempat para peserta bertugas. Hal ini bertujuan untuk mengindikasi permasalahan apa yang sebenarnya di hadapi dalam menangani pasien kanker yang memerlukan pelayanan paliatif di wilayah DKI Jakarta .

Pelatihan tahap pertama di mentori oleh Dr. Maria A. Witjaksono (RSK. Dharmais), dr. Edi S. Tehuteru (RSK. Dharmais) dan dr. Rudi Putranto (RSCM). Untuk tim narasumber dari SIF yaitu Dr. Akhileswaran Ramaswamy ( CEO dari HCA Hospice Care, Singapura), Dr. Lalit Kumar R. ( Senior Consultant , National Cancer Centre Singapura) dan perawat senior dari Yayasasn Rumah Rachel yang membantu selama pelatihan.

Pelatihan hari kedua dilanjutkan di Ruang Serbaguna Rumah Sakit Kanker Dharmais hingga hari ketiga pelatihan. Hal ini bermaksud untuk mempermudah pelatihan yang memerlukan tatap muka dengan pasien dan pelatihan kunjungan pasien beserta keluarga pendamping pasien.

Pada hari ketiga pelatihan yang di hadiri langsung oleh Ketua YKI DKI Jakarta, Veronica Basuki Tjahaja Purnama di RSK Dharmsid ini peserta diinformasikan bahwa setelah pelatihan ke 1 ini akan ada kegiatan supervisi peserta di masing-masing Rumah Sakit tempat peserta bernaung. Kegiatan supeervisi akan dibantu oleh tim mentor yang telah ditunjuk yaitu Dr. Maria A. Witjaksono (RSK. Dharmais), dr. Edi S. Tehuteru (RSK. Dharmais) dan dr. Rudi Putranto (RSCM). Kegiatan supervisi tersebut bertujuan untuk mempraktekan materi dan pelatihan yang telah di berikan selama tiga hari pelatihan ini. Sehingga selama menunggu hingga Kegiatan Pelatihan Pelayanan Paliatif bagi Tenaga Medis Tahap 2 para peserta dan mentor tetap akan melakukan dan mempraktekan paelayanan paliatif kepada pasien kanker di masing-masing Rumah Sakit.

Pelayanan paliatif di DKI Jakarta sebenarnya sudah terdapat di RS. Kanker Dharmais namun masih sangat kurang. Hal tersebut karena banyak penderita kanker yang masih kesulitan mendapatkan pelayanan paliatif yang memang tidak dimiliki oleh seluruh RSUD maupun RS rujukan kanker di DKI Jakarta. Alasan utamanya adalah tidak adnya tenaga medis terlatih yang memadai. Semoga dengan adanya pelatihan tahap 1 ini akan menjadi pioneer dari pelayanan paliatif di DKI Jakarta yang lebih intens lagi

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>