Provinsi DKI Jakarta

Senayan City dan YKI DKI Jakarta Gelar Donor Darah

Donor darah merupakan kegiatan yang menyehatkan sekaligus mulia. Menyehatkan karena donor darah bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker, menjaga kesehatan vaskular/ menurunkan resiko penyakit jantung bagi yang overweight, mengurangi zat besi yang berlebih dan membantu mendeteksi masalah kesehatan.

Mulia karena dengan donor darah kita dapat membantu sesama yang membutuhkan darah tambahan dari luar tubuhnya karena suatu kondisi tertentu.

Untuk yang ke-17 kalinya Senayan City sebagai Jakarta’s Most Preferred Preminum Icon dan sebagai tempat tujuan wisata menggelar kegiatan Corporate Sosial Responsibility (CSR) donor darah. Kali ini bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia DKI Jakarta.

“Kegiatan ini secara rutin dijalani oleh para pendonor setiap empat bulan sekali sehingga sudah menjadi bagian gaya hidup sehat bagi masyarakat perkotaan,” ujar CEO Senayan City, Veri Y Setiady dalam sambutannya pada acara kegiatan donor darah di Pre Function The Hall Senayan City Mall, Jakarta, Rabu (1/4/15).

Tujuan dari aksi social donor darah ini merupakan penggalangan darah untuk membantu PMI dalam mengumpulkan darah bagi siapa saja yang membutuhkan terkait dengan kegiatan kemanusiaan.

Kegiatan donor darah yang dibuka oleh Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta, Veronika Tjahaja Purnama, Ketua PMI DKI Jakarta, Rini Sutiyoso, dan Ketua Yayasan Agung Podomoro, Maria Kartika Chandra ini juga memberikan pemeriksaan kesehatan seperti Glucose Test (pemeriksaan kadar gula), Body Fat Test(pemeriksaan kadar lemak tubuh), dan Bone Scanning (pemeriksaan kepadatan tulang) secara gratis.

Yang membedakan dari kegiatan donor darah kali ini, Senayan City mengganden Kompas TV dengan menampilkan Stand Up Comedy yang memberikan suasana yang menyenangkan bagi para peserta pendonor darah. (evi)

Syarat melakukan donor darah :
• Umur minimal 17 tahun.
• Berat badan minimal 45 kg.
• Temperatur tubuh normal, antara 36,6 – 37,5 derajat Celsius.
• Tekanan darah normal, yaitu sistole 110 – 160 mmHg, diastole 70 – 100 mmHg.
• Denyut nadi teratur, yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit.
• Haemoglobin wanita minimal 12 gram%, pria minimal 13 gram%.
• Frekuensi donor darah maksimal 5 kali setahun, atau berjarak minimal 3 bulan.

Tips persiapan sebelum donor darah :
1. Beberapa hari sebelum donor, konsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi misalnya sayuran berwarna hijau (bayam), daging merah, ikan, unggas, kacang-kacangan.
2. Untuk yang bermasalah dengan HB rendah, selama beberapa hari sebelum donor jangan minum kopi /teh karena akan membuat HB sulit bertambah.
3. Minum banyak air, jangan berpuasa sehari sebelum donor darah dan hindari alkohol atau kebiasaan buruk lainnya.
4. Usahakan cukup tidur, jangan begadang beberapa hari sebelum donor supaya tensi normal dan tubuh fit.
5. Pada hari akan donor harus sarapan kira-kira 1 jam sebelum melakukan donor.
6. Konsumsi makanan sehat sebelum mendonor. Hindari makanan berlemak, seperti hamburger, kentang goreng atau es krim. Tes infeksi dilakukan pada semua darah yang disumbangkan dapat dipengaruhi oleh lemak yang muncul dalam darah selama beberapa jam setelah makan makanan berlemak.
7. Untuk donor trombosit, ingatlah bahwa tubuh harus bebas dari aspirin selama dua hari sebelum donor.
8. Setelah selesai mendonor berbaringlah sebentar untuk menghindari efek samping yang mungkin muncul. Biasanya kalau kurang persiapan donor, efek yang mungkin muncul adalah kesemutan di bibir / hidung, menggigil.

Tips sesudah donor darah :
1. Minum banyak air selama 48 jam berikutnya karena tubuh memerlukan pengganti cairan yang hilang saat donor darah.
2. Hindari aktivitasi fisik yang berat seperti olahraga atau angkat berat selama sekitar 5 jam setelah donor darah.
3. Jika pusing atau melayang, tetaplah berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala.
4. Jika terjadi pendarahan di lengan setelah perban dilepas, angkat tangannya selama 3-5 menit.
5. Jika ada memar di bawah kulit / hematom (warna merah, ungu, hijau), kompreslah lebam secara berkala dalam 24 jam.
6. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi yaitu yang mengandung zat besi ( bayam, daging merah, kacang-kacangan ), asam folat ( hati, bayam, brokoli ), vitamin B2 ( kacang-kacangan, susu, yoghurt ) dan B6 ( pisang, kacang-kacangan, daging merah, ikan, telur ) untuk mengisi kembali kehilangan zat besi dan vitamin dari dalam darah/ tubuh

 

#Sumber Bisniswisata

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>